Teddy Sonjaya Ketua KADIN Pangandaran ketika menjadi Pembicara dalam suatu pelatihan mengatakan bahwa pungsi Pacaging dan Diasin itu penting,bahkan orang cenderung tidak melihat isi nah itulah manfaat pagaing dan disain yang baik kadang bisa menutupi isi produknya.makanya kita rutin adakan pelatihan dan sosialisasi manfaat kemasan itu sendiri terhadap produk,supaya masyarakat pelaku UMKM paham akan arti sebuah kemasan buat meningkatkan penjualan.
Branding adalah cara untuk mengenalkan kepada seseorang mengenai identitas terhadap sebuah objek tertentu. Jika saat ini kita berbicara tentang produk, maka branding adalah cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Kemasan atau packaging sangatlah berkaitan erat dengan branding itu sendiri. Jika saat ini Anda telah memiliki produk namun belum memiliki desain untuk kemasan produk Anda, sekarang saatnya mulai membuat desain kemasan untuk produk Anda.
Kemasan sebuah produk merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi banyaknya penjualan atau minatnya konsumen terhadap produk tersebut. Jika hal ini benar, sudahkah Anda sekarang membuat kemasan untuk produk Anda? Bagi yang sudah, mungkin beberapa masih banyak yang belum yakin dan bertanya-tanya apakah desain kemasan produk mereka sudah menarik?
Kemasan atau packaging, menurut Britannica adalah seni dan teknologi dalam penyiapan komoditas untuk mempermudah penanganan, penyimpanan, penjualan, dan saya tambahkan untuk keamanan komoditas tersebut. Kemasan ini digunakan dalam berbagai jenis komoditas baik komoditas pangan maupun non pangan. Meskipun pada awalnya kemasan itu terbuat dari kulit, gelas, atau tanah liat dan mungkin beberapa cara kerjanya layaknya wadah seperti kantong plastik untuk mempermudah transportasi dan penyimpanan, perubahannya terjadi secara signifikan semenjak revolusi industri.
Dalam sebuah pasar, kemasan didesain untuk melindungi produk dari bahaya yang timbul pada saat penanganan, kondisi lingkungan; menyediakan produk yang mudah ditangani saat transportasi dari produsen ke konsumen; dan sebagai identitas dari sebuah produk. Dapat juga digunakan sebagai media advertising dan informasi untuk konsumen.
Kebanyakan beberapa pengusaha diluar sana berfikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran jauh lebih diutamakan untuk meningkatkan penjualan, dibandingkan fokus pada kemasan produk. Padahal beberapa unsur yang mempengaruhi penjualan produk seperti kualitas produk, pelayanan, pemasaran, dan kemasan juga saling mendukung satu sama lain. Jadi, belum tentu juga jika produk dengan kualitas yang bagus maka akan banyak peminatnya, kecuali bila konsumen tersebut benar-benar membutuhkannya. Kemasan suatu produk inilah yang mungkin perlu Anda pikirkan sebagai bagian dari strategi pemasaran.
Dibawah ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan sebuah kemasan produk, seperti fungsi, manfaat, serta strategi marketing.
Fungsi
Tujuan atau fungsi utama dari adanya kemasan produk adalah, untuk melindungi produk dari goresan atau cacat produk yang membuat produk menjadi rusak. Selain itu juga kemasan produk tidak hanya difungsikan pada saat proses pendistribusian barang dari pabrik ke beberapa distributor, tapi kemasan produk juga bisa melindungi produk ketika berada di toko-toko retail.
Daya Tarik
Umumnya banyak perusahaan melakukan sebuah riset terlebih dahulu tentang skema warna, desain, maupun jenis pada sebuah kemasan produk yang akan dipasarkannya. Hal ini dilakukan agar tingkat pemasaran produknya jauh lebih luas lagi. Jika Anda ingin produk yang Anda jual banyak peminatnya, maka Anda bisa menyiapkan desain packaging yang tepat untuk produk Anda. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu yang membuat produk tersebut bisa laku adalah kemasan produk yang bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan.
Promosi
Sebuah kemasan produk juga berperan penting dalam memberikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan, tagline, maupun cara pembuatan. Semuanya bisa dicantumkan pada desain kemasan agar konsumen tahu tentang manfaat dari produk tersebut, yang terpenting janganlah menyampaikan semuanya hingga desain menjadi penuh dan malah membuat konsumen menjadi jenuh melihanya.
Mendukung keputusan Berbelanja
Anda sebagai pemilik produk bebas mencantumkan informasi apapun yang nantinya bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan membeli produk Anda. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan seluruh informasi yang Anda miliki.
Diferensiasi
Kemasan juga bisa dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk, misalnya ada beberapa produk A dan B yang ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut secara fungsi sama, rasa bisa dikatakan hampir sama, namun karena kemasannya berbeda bisa jadi konsumen akan lebih cenderung memilih produk yang memiliki kemasan yang menarik menurutnya.//beberapa sumber//umkm