Di era modern dan persaingan global informasi bergerak sangat cepat dan menjadi pelaku bisnis untuk memenangkan persaingan. Internet melalui e- commerce membuka peluang bagi usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memasarkan dan menumbuhkan jaringan usaha di seluruh belahan dunia usaha. Untuk itu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dituntut menjadi bagian dari teknologi internet dalam komunitas global dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui e-commerce, jika mereka tidak mengikuti perkembangan teknologi Internet maka informasi akan tertinggal jauh dan kalah dalam persaingan.
E-commerce merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memasarkan produknya intu sangat lah penting,selain dapat memperluas akses pasar. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) harus melihat manfaat e-commerce untuk akses pasar secara mudah dan effisien seiring era globalisasi yang pasti akan dihadapi. Kondisi ini menuntut Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memilih yang efektif dan mengenai sasaran. Pemasaran melalui e-commerce membuat pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat langsung berkomunikasi dengan pembelinya, sehingga mereka dapat memproleh keuntungan yang lebih besar.
E-commerce untuk pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat memproleh manfaat serta keuntungan karena lebih murah dan effisien. Selain itu e-commerce juga memiliki akses tanpa batas, saat sebuah bisnis memiliki alamat di internet, apa yang ditampilkan dalam internet dapat diakses oleh pengunjung dari belahan dunia manapun selama didaerah tersebut memiliki akses internet. Semakin sering alamat tersebut dikunjungi, semakin besar pula potensi untuk memperoleh pendapatan.
Namun demikian pengguna layanan pasar online sebagian besar di isi oleh UKM-UKM yang berdomisili di perkotaan dan relatif terbatas jumlah UKM dari daerah yang memanfaatkan fasilitas pasar online. Salah satu penyedia layanan pasar online (marketplace)
Kita butuh perhimpunan yang mempasilitasi teman teman UMKM untuk bisa bersaing di dunia penjualan secara online ini, Para pelaku usaha di pangandaran di harapkan bisa belajar dan mengikuti teknologi penjualan secara elektronik kedepan para umkm Pangandaran bisa bersama sama melakukan penjualan berbasis e-commerce untuk mendapatkan akses kepasar yang lebih luas baik nasional maupun internasional melalui layanan pasar online untuk itu kita kirim beberapa orang ke bandung dan jakarta untuk mengikuti pelatihan tersebut,maaf kita hanya mampu kirim tahap ke dua ini hanya 6 orang maklum keterbatasan anggaran alhamdulillah ini swadaya semuanya. Ujar Teddy Sonjaya Ketua Kamar Dagang dan Industri KADIN Pangandaran.
Selain dari penyediaan layanan pemasaran berbasis online juga memilki misi untuk membangun kapasitas pengusaha lokal melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangn usaha baik secara langsung (offline) maupun secara online melalui fasilitas eLearning.Ujar Dr Maya M wkl Ketua bidang pemberdayaan kadin Pangandaran.
Disamping itu KADIN Pangandaran juga, sedang dan akan menyediakan fasilitas layanan standarisasi produk untuk meningkatkan kualitas produk-produk UKM di Pangandaran bersama BDC Pangandaran dan Rumah kreatif Pangandaran.
Sumber//Data desa//fahmi h